Home » , , » Walau Pensiun Dari Polri, Budi Gunawan Tetap Jabat Kepala BIN.

Walau Pensiun Dari Polri, Budi Gunawan Tetap Jabat Kepala BIN.

Written By Berita One on Sabtu, 06 Januari 2018 | 08.43.00

Jenderal Budi Gunawan
Jakarta,BERITA-ONE.COM-Jenderal Budi Gunawan (BG) resmi pensiun dari struktur Kepolisian Negara Republik Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri yang dikeluarkan pada 5 Januari 2018 dengan nomor ST/15/I/2018.
Dalam surat telegram yang diterbitkan pada 5 Januari 2018 itu, Jenderal BG dimutasikan menjadi perwira tinggi (Pati) Baintelkam Polri dalam rangka pensiun.

Kendati pensiun dari Polri, Budi Gunawan yang kerap disapa BG itu tetap menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). “Pak BG pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai Polisi beliau pensiun karena usia sudah 58 tahun, sesuai regulasi,” kata Kepala Bagian Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal di Jakarta, Jumat (5-01-2018).

Selain Budi, sejumlah perwira lain juga telah memasuki masa pensiun. Mereka adalah Brigjen Pol Didik Purnomo juga dimutasikan dalam rangka pensiun. Sejumlah jenderal lain yang dimutasi dalam rangka pensiun adalah Brigjen Pol Suprayitno, Irjen Pol Arief Dharmawan, Brigjen Pol Eldi Azwar, Irjen Pol Bambang Hermanu, Irjen Pol Nicolaus Eko Riwayanto, Brigjen Pol Wakin Mardiwiyono, Brigjen Johanes Kwartanto, dan Brigjen Edi Kusworo.

Dalam surat telegram itu, terdapat 32 jenderal dan perwira menengah berpangkat komisaris besar polisi yang dimutasi dalam rangka pensiun. Sedangkan, perwira menengah berpangkat kombes yang pensiun di antaranya Kombes Pol Sukarmiyati, Kombes Pol Halimah B Santoso, Kombes Wadiyana, dan Kombes Alamsyah Marzoeki.

Selain itu, 113 personel Polri dari tingkat Jenderal hingga perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar (AKBP) mengalami mutasi.

“Bahwa mutasi adalah rangkaian tour of Duty, itu kan banyak kapolres maupun kapolda, tour of duty itu kan banyak ada juga dalam rangka pensiun,” jelas Iqbal.

Seperti diketahui BG lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 11 Desember 1959.

Dirinya merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1983.

BG tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting di Polri, antara lain Kapolda Jambi (2008-2009), Kapolda Bali (2012), Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (2012-2015), dan Wakapolri (2015-2016).(SUR).
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger