Header Ads

Loncat Dari Gedung Pencuri Sarang Walet Pecah Kepala

Tersangka Melki Nainggolan (28),
PRABUMULIH,BERITA-ONE.COM-Melki Nainggolan (28), satu dari empat pelaku pencurian sarang burung walet milik Yanto (63) di Ruko Sebelah Kantor BPJS Kesehatan Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur saptu (27/01/2018) nekat lari ke lantai paling atas ruko berlantai dua. Lalu, loncat ke tanah dan apesnya usahanya tersebut tidak berhasil. Sementara itu, Ed (38), pelaku lainnya berhasil kabur dan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO). Begitu tahu, aksi pencurian sarang walet yang dilakukan timnya gagal.

Lantaran aksi warga Jalan Sukabangun II Palembang ini ketahuan warga yang telah menunggu dibawah, kepalanya mengalami luka robek dibagian belakang kepala. Tak lama, setelah itu ia bersama dua rekannya Eko Saputra (30), warga Jalan Peltu Tulus Yahya Palembang dan Erik Junaidi Sinaga (36), warga Jalan Sukabangun II Palembang. Akhirnya, diamankan warga dan korban sekaligus pemilik ruko.

Erik mengaku, kalau otak pencurian tersebut adalah ED. Sehari sebelum beraksi, ED mengajaknya bersama Eko dan Melki untuk melakukan pencurian sarang burung walet di lokasi kejadian.

"Kami dak tahu lokasinyo di Prabumulih nak beraksi maleng sarang burung walet, ED yang tahu nian. Kami nih diajaknyo, sejak sore kami berangkat dari Palembang. Kami manjat pake tali masuk ke ruko nih, ED nunggu dibawah," ceritanya kepada petugas.

Kata dia, begitu aksinya diketahui warga ED langsung kabur. Meninggalkan, ia dan kedua rekannya Eko dan Melki. Oleh warga, dirinya dan Eko ditangkap dilantai II. Sedangkan, Melki mencoba menyelamatkan diri naik ke lantai atas.

"Kato wong dio loncat dari lantai pucuk, nak kabur. Tapi gagal, malah nyampak palaknyo memar," akunya.

Ketua RT 04 Kelurahan Gunung Ibul, Didik Firman (28) mengatakan, sebelum penangkapan ketiga pelaku pencurian sarang burung walet milik Yanto. Sekitar pukul 20.30 WIB, ia mendapat kabar dari Yanto kalau rukonya dimasuki oleh pencuri.

Lantas, ia bersama korban dan sejumlah warga mendatangi ruko tersebut. Dan, mengepungnya dan tak lama terdengar suara benda jatuh dari sebelah kiri ruko. Ternyata, orang tersebut adalah Melki yang mencoba kabur.

"Begitu dapat kabar, aku langsung datang ke ruko Pak Yanto. Ngajak warga ngepung lokasi, supaya malengnyo dak pacak belari lagi," ucapnya.

Selanjutnya, ia memasuki ruko bersama warga dan menemukan Eko dan Erik dilantai dua. Dan, langsung diamankan warga dan tak menampik keduanya sempat jadi sasaran empuk pemukulan warga marah terhadap aksi pencuriannya.

"Setelah itu, kita hubungi Babinkamtimbas di wilayah Gunung Ibul. Sekitar setengah jam, polisi pun datang dan mengamankan serta langsung membawa ketiga pelaku ke kantor polisi untuk diproses lebih lanjut," tandasnya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Hernando SH MSi didampingi Kanit Satreskrim, Ipda M Tagor Lubis menjelaskan, kalau ketiga pelaku merupakan tangkapan masyarakat yang diserahkan kepada pihaknya.

"Korbannya sudah melapor kepada kita, dan sejumlah saksi telah kita periksa dan mintai keterangan. Sementara itu, ketiga pelaku sudah kita amankan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dan, salah satu pelaku terpaksa sempat dibawah ke RSUD untuk pengobatan," ujarnya.(MK)

No comments

Powered by Blogger.