Home » , , , » Dalam Pilkada Kejaksaan Selalu Independen, Agar Damai Dan Aman Tercipta.

Dalam Pilkada Kejaksaan Selalu Independen, Agar Damai Dan Aman Tercipta.

Written By Berita One on Jumat, 12 Januari 2018 | 05.56.00

Jaksa Agung HM Prasetyo
Jakarta,BERITA-ONE.COM-“Selama proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 berlangsung, kita memghentikan dahulu maslah proses hukum terhadap para calon kepala daerah.Termasuk kasus apa pun,  kecuali Operasi Tangkap Tangan (OTT),” kata Jaksa Agung HM. Prasetyo SH di Jakarta, Jumat 12/1/2018

Ditambahkan Kejaksaan selalu independent dalam menyikapi setiap permasalahan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).
Hal  ini dilakukan karena sesuai dengan komitmen kejaksaan  menjaga setiap tahapan Pilkada agar  berjalan aman dan damai . “Itu komitmen untuk tidak melakukan proses hukum khususnya kepada para pasangan yang mengikuti Pilkada,” tambah Kajagung.

Dikatakan orang   omor satu dikorp Adhyaksa tersebut,  sekarang  masyarakat sudah dewasa dalam menghadapi setiap pesta demokrasi, artinya sudah siap menang dan siap kalah. Dan  para elit politiknyapun  harus bisa menyejukkan para pendukungnya.

“Kalau proses selama Pilkada ada kegaduhan, penyidik memanggil (calon kepala daerah) menjadi saksi atau tersangka, apa tidak gaduh itu? Lalu manfaatnya hukum  itu  dimana?  Pilkada membutuhkan biaya besar. Kalau mantan paslon atau yang  sudah jadi sekalipun seusai Pilkada, akan dilanjutkan kembali.” Paparnya.

Terhadap pelaksanaan Pilkada , Kejaksaan tergabung dalam sentral Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang baik di tingkat pusat maupun daerah, yang terdiri dari Mabes Polri, Kejagung, dan Bawaslu untuk tingkat pusat, juga Panwaslu dengan tingkat daerah.

Semuanya mengawal Pilkada. “Nanti kalau Bawaslu menemukan pelanggaran akan menyerahkannya  ke penyidik polisi, hasilnya diserahkan kepada kejaksaan,” kata Prasetyo.

Pihak Kejaksaan juga menyiapkan jaksa intelijen yang memanfaatkan jaringan intelijen. Sekarang ada forum intelijen daerah, mereka akan bekerja sama supaya intinya Pilkada berjalan aman.

Tentang posko pemantauan, Kejaksaan juga akan membentuk posko penegakan hukum. “Kita persiapkan jaksa khusus yang nantinya akan ditugaskan dalam bersama tiga unsur tadi,” ujarnya.

Dalam pemilihan harus dicermati bersama jangan melihat dari selisih suara tapi dilihat dari mana perolehan suara itu. Apalagi kalau dipanggil oleh penegak hukum, tidak usah takut. Ngapain harus takut kalau tidak bersalah.”kata HM Prasetyo  mengakhirinya. (SUR).

Teks foto: Jaksa Agung M. Prasetyo SH.
   
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger