Home » , , » Mantan Hakim MK Patrialis Akbar Dihukum 8 Tahun Penjara.

Mantan Hakim MK Patrialis Akbar Dihukum 8 Tahun Penjara.

Written By Berita One on Senin, 04 September 2017 | 07.43.00

Mantan  Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar 
Jakarta,BERITA-ONE.COM-Mantan  hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar Dihukum 8 Tahun penjara potong tahanan. Selain itu terdakwa juga  dihukum untuk membayar denda sebesar 300 juta subsider 3 bulan kurungan, diwajibkan pula membayar uang pengganti Rp 4 juta dan US 10 ribu dolar.

Kata hakim , uang pengganti  harus dibayarkan satu bulan setelah putusan ini berkekuatan hukum tetap. Jika tidak, harta benda milik terdakwa akan disita sebagai penggantinnya. Putusan ini dibacakan oleh majelis hakim yang di ketuai Nawawi Pamalango SH di Pengadilan Tipikor Jakarta, 4 September 2017.

Hakim dalam pertimbangan hukumnya mengatakan, secara sah dan meyakinkan terdakwa terbukti melakukan tindak pidana  korupsi secara bersama-sama dengan Basuki Hariman, Kamaludin  dan  Fanny secara  berlanjut dengan cara memberikan sejumlah uang/menerima janji atau hadiah

Sebelum menjatuhkan vonis, hakim mempertimbangkan hal hal yang meringankan dan yang memberatkan. Yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemetindah dalam pemberantasan korupsi. Sedangkan yang meringankan antara lain terdakwa sopan,  belum pernah dihukum dan lainnya.

Terhadap putusan ini baik Jaksa maupun terdakwa sama sama menyatakan banding.

Seperti diketahui,
sebelumnya, jaksa KPK menyatakan Patrialis terbukti melakukan korupsi untuk mempengaruhi perkara nomor 129/PUU-XIII/2015 terkait permohonan uji materi UU no 41/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Juga terbukti menerima USD 10 ribu dan Rp 4 juta dari Basuki Hariman dan Ng Feny selaku pemohon uji materi UU No 41/2014 tersebut.

Akibat perbuatannya, Jaksa meminta kepada hakim agar terdakwa  Patrialis  dihukuman selama 12,5 tahun penjaa ditambah denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan dan uang pengganti. (SUR).
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger