Home » , , , » Terbukti Menyuap , Mantan Suami Dewi Persik Saipul Jamil, Dituntut 4 tahun Penjara.

Terbukti Menyuap , Mantan Suami Dewi Persik Saipul Jamil, Dituntut 4 tahun Penjara.

Written By Berita One on Rabu, 19 Juli 2017 | 08.57.00

Saipul Jamil
Jakarta,BERITA-ONE.COM-Jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Afni Carolin SH menuntut hukuman kepada Saipul Jamil yang didakwa melakukan korupsi selama 4 tahun penjara potong selama dalam tahanan. Selain itu mantan suami Dewi Persik Ini juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp Rp 100  Juta subsider 6 bulan kurungan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu 19 Juli 2017 .

Jaksa dalam pertimbangan hukumnya mengatakan,  Saipul terbukti melakukan korupsi secara bersama dengan  menyuap Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara , Rohadi, sebesar Rp 250 juta untuk diberikan kepada Hakim DR Ifa Sudewi SH yang kala itu mengadilinya dalam kasus pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur. Tujuannya  agar Saipul  dijatuhi hukuman selama 3 tahun penjara jara.

Asal uang suap itu bermula dari kakak Saipul, Syamsul Hidayatullah yang kemudian diberikan kepada Bertanatalia SH dan Kasman Sangaji SH.

Yang kemudian Bertha bertemu Rohadi untuk  penyerahan uang Rp 250 juta itu yang dilakukan di Kampus Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Jalan Sunter Permai Raya, Jakarta Utara. Beberapa langkah berjalan setelah menyerahkan uang suap tersebut,  Bertha dan Rohadi ditangkap KPK pada 15 Juni 2016 di lapangan parkir kampus Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta Utara.

Jakasa menjerat  Saipul  melanggar Pasal 6 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) atau Pasal 13 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 .
Hal yang  memberatkan, kata Jaksa, perbuatan terdakwa Saipul tidak mendukung program pemerintah yang sedang giat lakukan  pemberantasan korupsi, dan tidak terus terang dalam sidang .

Salah seorang penasehat hukum terdakwa,  Rene Putra Tantrajaya SH.LLM.  mengatakan, seharusnya Jaksa menuntut bebas  terdakwa Saipul. Karena uang suap itu berasal dari rekening  Samsul Hidayatullah, kakak Saipul, walaupun sebagian  uang itu milik Saipul. Jadi Saipul tidak pernah menyuap Hakim DR. Ifa Sudewi SH, katanya.

Dalam sidang terdakwa Saipul didampingi oleh sejumlah pengacara, yang antara lain Rene Putra Tantrajaya SH.LLM, Krisnamurti SH, Tito dan lainya. Sidang ditunda satu pekan untuk pembelaan. (SUR).
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger