Home » , , , » Sebanyak 27 Orang Penipu WN Tiongkok Diamankan Polisi.

Sebanyak 27 Orang Penipu WN Tiongkok Diamankan Polisi.

Written By Berita One on Minggu, 30 Juli 2017 | 05.29.00

 27 Orang Penipu WN Asal  Tiongkok
Jakarta,BERITA-ONE.COM-Aksi penipuan siber oleh warga negara Tiongkok di Indonesia terus berulang. Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil menangkap 27 warga Tiongkok dengan kejahatan serupa.

Pengungkapan dilakukan di Jalan Sekolah Duta Raya Nomor 5, Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu 29 Juli 2017.

Operasi tersebut dipimpin langsung AKBP Didik Sugiharto dan kerja sama kepolisian Tiongkok. Penangkapan yang berlangsung sejak pukul 15.00 WIB itu meringkus 15 pria dan 12 wanita.

“Hasil interogasi sementara, mereka melakukan aktivitas kejahatan cyber internasional sejak bulan Maret 2017,” kata Karopenmas Polri Brigjen Rikwanto, Sabtu kemarin .

Dalam aksinya, para penipu ini mengaku sebagai polisi dan jaksa Tiongkok. Mereka lalu mengancam korbannya yang merupakan pejabat Tiongkok yang disebut terlibat kasus tertentu.

“Kemudian korban dijanjikan bahwa kasusnya akan dibekukan dengan jaminan korban mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang sudah dipersiapkan pelaku,” kata Brigjen Pol Rikwanto.

Mereka yang menjadi korban tersadar ketika sudah mengirimkan sejumlah uang. “Selanjutnya melaporkan peristiwa tersebut ke Kepolisian China,” beber Brigjen Pol Rikwanto.

Humas PMJ mengatakan, Polisi menyita sejumlah barang bukti, antara lain 7 unit laptop, Ipad mini 31 buah, Ipad 1 buah, KTP Tiongkok 20 buah. “Paspor, nihil,” kata Brigjen Pol Rikwanto.(SUR).
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger